MENGENAL TAMPILAN DAN LEMBAR KERJA
MICROSOFT EXCEL 2010
Bekerja dengan Excel
berarti bekerja dengan berbagai data. Excel adalah software pengolah
data yang memiliki banyak perintah pendukung untuk memaksimalkan pengolahan
data. Excel juga biasa disebut sebagai program spreadsheet dimana
tiap-tiap data dapat anda sisipkan pada lembar kerja (worksheet)
berbeda. Excel 2010 akan makin mempermudah kerja seorang manajer karena
beberapa perintah pendukungnya telah disempurnakan. Untuk lebih jelasnya, kita
akan membahas satu persatu fungsi apa saja yang ada di Excel 2010.
Berikut adalah Komponen yang ada didalam Microsoft Excel 2010:
Gambar 1. Tampilan
Workbook Excel 2010
1. Tab Ribbon, berisi groups-groups yang
didalamnya terdapat beberapa tools (tombol perintah). Tab yang
terdapat dalam Excel antara lain:
Tab File, berisi beberapa perintah standar dalam pengoperasian worksheet Excel,
seperti: membuka/menutup file, menyimpan data dan sebagainya
Tab Home, berisi tombol-tombol perintah yang bisa digunakan untuk memformat data.
Tab Insert, berisi tombol-tombol perintah untuk menyisipkan objek seperti: Picture
(gambar), Clipart, diagram/chart, Pivot Table dan sebagainya.
Tab Page Layout, berisi tombol-tombol perintah untuk pengaturan halaman.
Tab Formulas, berisi tombol-tombol perintah untuk menyisipkan fungsi-fungsi formula yang terdapat
dalam Excel.
Tab Data, berisi tombol-tombol perintah untuk pengolahan data, seperti Sort, Filter
dan Import data dari program atau aplikasi lain.
Tab Review, berisi tombol-tombol perintah yang berisi pengaturan worksheet Excel yang
meliputi spelling, Translate, New Comment (penambahan komentar, serta proteksi
data dan workbook.
Tab View, berisi tombol-tombol perintah untuk pengaturan worksheet Excel (Workbook
Views), Zoom, Gridlines dan tampilan beberapa jendela.
2. Groups, adalah bagian yang berisi
sekumpulan tombol perintah yang terletak dibawah tab.
3. Quick Access Toolbar, merupakan toolbar
standar yang berisi tombol perintah yang sering digunakan, seperti tombol Save,
tombol Undo dan tombol Redo.
4. Tombol Dialog, yang terletak
disebelah kanan groups dan berfungsi untuk membuka kotak dialog.
5. Tombol Minimize, Maximaze, Close, untuk
memperkecil, memperbesar, atau menutup tampilan worksheet dokumen Excel.
6. Tab Sheet, merupakan kartu yang menampung nama-nama dari
sheet dalam Excel, Worksheet merupakan lembar kerja yang digunakan untuk
menampung dan mengolah data.
7. Navigasi Sheet, merupakan tombol-tombol
perintah yang berfungsi untuk berpindah antar sheet yang sedang aktif.
8. Zoom Level, merupakan bagian yang berisi
tombol-tombol perintah yang mengatur besar kecilnya tampilan lembar kerja.
Worksheet merupakan lembar kerja yang berupa kolom dan
baris.Satu sheet terdiri dari 16.384 kolom dan 1.048.576. Jumlah ini tidak
terlalu berbeda dengan Excel versi sebelumnya . Nama kolom berupa abjad dari
mulai kolom A sampai dengan kolom XFD, dan nama baris berupa angka satu sampai
dengan 1.048.576. Agar lebih jelas, perhatikan penjelasan bagian-bagian
pada worksheet 2010 berikut ini:
1. Sel, merupakan
perpotongan antara kolom dan baris yang mempunyai nama. Nama sel atau alamat
sel diambil dari perpaduan antara nama kolom dan baris itu sender, misalnya:
sel D5, F12 dan sebagainya.
2. Range Sel, merupakan kumpulan dari kolom, baris dan sel yang tertampung dalam
worksheet.
3. Select Sel, digunakan
untuk memilih semua sel dalam satu worksheet.
4. Name Box, adalah
suatu kotak yang dipakai untuk menampung nama-nama range yang dibuat dalam
Excel.
5. Tab
Split, merupakan tuas pemisah yang terletak diantara tab sheet dengan
batang penggulung horizontal. Geser tuas split untuk mengatur ukuran lebar
bagian tab sheet dengan bagian batang penggulung horizontal.
6. Formula Bar, merupakan kotak isian yang nantinya dapat berisi rumus dari data yang sedang diolah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar